Selasa, 12 Januari 2010

Garis keturunan IBU

Sistem garis keturunan nggak cuma berasal dari ayah saja, tap beberap suku juga menganut sistem keturunan dari ibu mereka. Bisa kita lihat dari beberapa suku ini

1. Amazon. Dicerita yunani kuno, semua anggota suku amazon adalah perempuan pejuang yang jago memanh, tombah, dan pedang. Di usia remaja, payudara kanan merka dipotong untuk memudahkan memanah. Serem juga yah ! mereka sengaja mengorganisir lebih daripada lelaki. Dalam setahun, mereka biasanya berburu pria supaya punya keturunan. Setelah itu para pria akandikemablikan ke sukunya. Kalau anak laki laki yang lahir, maka anak itu 'dibuang' ke suku pria tersebut dan dijadikan budak.

2. Nakhi (china). Di Yunnan, terdapat kaum minoritas yang disebut nakhi. Mereka bisa memnaggil pasangannya dengan sebutan Ahchu dibanding sebutan suami. Kalu sudah menikah, sang sumai tinggal di tempat sng istri. Suami juga harus mengikuti nama sang istri.

3. Khasi(india). Menurut hukum khasi, perempuan punya hak penuh atas hak anak dan harta kekayaan, mereka juga nggak bisa dipaksa menikah. dalam tradisi msayarakat ini, istri bisa mengakhiri pernikahan kapan saja tanpa dibantah oleh sang suami.
Dan kalau kamu jadi puti bungsu dari masyarakat khasi, maka kamu yang akan mewarisi harta kekayaan.

4. Minangkabau. Di masyarakat minangkabau, harta seperti tanah dan rumahdiwariskan ibu kepada anak perempuan. Aayah bukanlah bagian dari garis keturunan anaknya, melainkan hanya dianggap tamudalam keuarga yang tujuannya memberikan keturunan. Secara tradisi, laki laki hanya anggota keluargayang bertugas melindungi harta benda garis keturunan ibu tanpa menuntut apa-apa. Dalam tradisi perkawinannya, lamaran datang dari pihak perempuan. maknya disana enggak mengenal mas kawin, melainkan uang jemputan, yaitu sejumlah uang atau barang yang diantarkan ke pihak laki laki.

5. indian(amerika). Di Indian , perempuan bisa memutuskan tali perkawinan kapan ajha. Walau udah married, laki-laki dan permpuan di masyarakat ini nggak terlalu mengikat. perempuan memang punya peranan penting dalam suku indian. Merka nggak cuma bertugas meyediakan makanan dan membesarkan anak. dala tradisi suku Indian Kuna, perempuanlah yang memiliki harta kekayaan sedngkan suami cuma pengikut sitri.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar