Minggu, 03 April 2011

Hewan Indonesia Terancam Punah

Akibat ulah manusia yang nggak bertanggung jawab, alam pun harus menjadi korban. Tanpa disadari dampak terbesar dialami oleh hewan hewan yang mulai terancam punah. Saat ini, lebih dari 500 spesies hewan udah punah dan setiap tahun seenggaknya ada satu spesies dari 5000 hewan langka yang mati.

1. Panda

Hewan khas asal China ini mengalami penurunan populasi besar besaran yang disebabkan hilangnya habitat akibat pertumbuhan ekonomi dan bencana alam. Hutan bambu yang merupakan habitat sekaligus sumber makanan para panda terganggu dengan pembangunan infrastruktur dan gempa bumi yang mengguncang China tahun 2008 lalu. Kendala lain datang dari rendahnya libido hewan ini, sehingga menyebabkanangka kelahiran sangat kecil. Cara unik yang dilakukan adalah mempertontonkan "tayangan porno" panda lain.

2. Harimau Sumatra

Lagi lagi hewan Indonesia kembali terancam punah akibat perburuan liar dan pembukaan lahan hutan yang mengganggu habitat mereka. Yang lebih menyedihkan lagi, harimau ini diburu untuk diperdagangkan mulai dari kulit, tulang, sampai organ dalamnya. Nggak heran kalo ppulasi mereka sekarang cuma tersisa 4000 ekor.

3. Komodo

Ancaman kepunahan komodo terjadi karena putusnya rantai makanan akibat perburuan liar rusa dan babi hutan, yang membuat komodo kehilangan mangsa. Selain itu, pembakaran hutan tempat habitat mereka oleh pihak yang nggak bertanggung jawab membuat ruang gerak mereka jadi sempit dan nggak sedikit komodo ikut terbakar akibat peristiwa itu. Secara keseluruhan jumlah komodo hanya tersisa 2.500 ekor.

4. Orang Utan

Kebakaran hutan, penebangan liar, serta pembukaan lahan hutan untuk keperluan industri menjadi salalh satu penyebab utama yang mengancam keberadaan populasi orang utan di Kalimantan dan Sumatra. Hewan mamalia ini berkembang secara lambat, dimana si betina hanya melahirkan 1 anak dalam kurun waktu 6-7 tahun. Ditambah lagi pemburuan orang utan secara ilegal. Jumlah keseluruhan hanya 55.000 ekor

5. Paus Abu Abu

Merupakan salah satu hewan yang termasuk dalam daftar The Most Critically Endangered Animals menurut IUCN. Paus yang ramah ini terus mengalami penurunan jumlah populasi kerna pengrusakan habitat akibat racun dari polusi dan limbah indutsri, global warming, serta perburuan liar.Hanya tersisa 100 ekor di peerariran pasifik.

6. Badak Jawa

Badak Jawa dikenal dengan sebutan badak bercula satu yang menjadi salah satu buruan yang berharga karena culanya. Selain perburuan liar, faktor lain adalah perubahan iklim, penyebaran penyakit serta bencana alam menyebabkan populasinya berkurang. Saat ini jumlah populasinya hanya 40-60 ekor di dunia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar